Aku yakin semua yang mengenal internet pasti tahu yang namanya GOOGLE, ya.. sebuah perusahaan yang awalnya bergerak di bidang pencarian data, tapi sekarang sudah berubah menjadi perusahaan raksasa di dunia internet,bahkan bisa dikatakan Rajanya internet atau bapaknya internet,karena semua orang pasti merujuk ke google untuk mencari referensi yang diinginkan.
Tapi apakah apakah kamu semua tahu siapa yang pertama mendirikan GOOGLE ini?? dan berapa banyak karyawannya sampai saat ini? ini dia:
Info Perusahaan:
Dirintis pada tahun 1997
Dikembangkan pada tahun 1998
Pendiri : Larry Page dan Sergey Brin ,menamai mesin pencari mereka membangun "Google," diambil dari kata "googol," yaitu istilah matematika dimaksudkan angka 1 diikuti oleh 100 nol (atau 1000000000000000000000000000000000000000000000000.....)
Karyawan saat ini: 20.222 arang tersebar di penjuru dunia
Pendapatan: $ 21.80 Bilyon
Kepemilikan: Diperdagangkan umum
Ticker: NASDAQ: GOOG
Bagian berdasar Departemen:
* Penjualan: 237
* Pemasaran: 329
* Keuangan & Administrasi: 230
* Sumber Daya Manusia: 145
* Dukungan: 63
* Engineering & Penelitian: 214
* Operasi: 109
* IT & IS: 213
* Lainnya: 220
Bagian berdasar Tingkat:
* C-Level: 38
* VP-Level: 80
* Direktur-Level: 225
* Manager-Level: 598

profil pendiri:


Larry Page adalah CEO pendiri Google dan membangun perusahaan dengan lebih dari 200 karyawan dan profitabilitas sebelum pindah ke perannya sebagai presiden produk pada bulan April 2001. Dia terus untuk berbagi tanggung jawab untuk operasi Google dari hari-hari dengan Eric Schmidt dan Sergey Brin.

Lulusan Michigan State Universitydengan gelar Dr profesor bidang ilmu komputer Carl Victor Page, kecintaan Larry terhadap komputer dimulai pada usia enam tahun. Ketika mengikuti jejak ayahnya di bidang akademik, ia menjadi lulusan kehormatan dari University of Michigan, di mana ia mendapat gelar sarjana teknik, dengan konsentrasi pada rekayasa komputer. Selama waktunya di Ann Arbor, Larry membuat printer inkjet dari balok-balok Lego ™.

Sementara di Ph.D. program dalam ilmu komputer di Stanford University, Larry bertemu dengan Sergey Brin, dan bersama-sama mereka mengembangkan dan menjalankan Google, yang mulai beroperasi pada tahun 1998. Larry pergi cuti dari Stanford setelah mendapatkan gelar master.

Pada tahun 2002, Larry membawahi Forum Ekonomi Dunia Global Leader For Tomorrow . Ia adalah anggota National Advisory Committee (NAC) dari University of Michigan College of Engineering, dan bersama-sama dengan co-founder Sergey Brin, Larry mendapat kehormatan dengan Marconi Prize pada tahun 2004. Dia adalah wali direksi dari X PRIZE, dan dipilih ke National Academy of Engineering pada tahun 2004



Sergey Brin, orang asli Moskow, meraih gelar sarjana dengan keahlian di bidang matematika dan ilmu komputer dari Universitas Maryland di College Park. Dia sekarang cuti dari Ph.D. program dalam ilmu komputer di Universitas Stanford tempat dia menerima gelar master. Sergey adalah penerima National Science Foundation Graduate Fellowship serta gelar MBA dari Instituto de kehormatan Empresa. Ketika di Stanford tempat dia bertemu larry dan mengerjakan proyek yang kemudian menjadi Google. Bersama-sama mereka mendirikan Google Inc pada tahun 1998, dan Sergey melanjutkan untuk membagi tugas operasional sehari-hari dengan Larry Page dan Eric Schmidt.

Peran Sergey dalam penelitian mencakup mesin pencari, mengekstraksi informasi dari sumber yang tak terstruktur, dan pengambilan data dari koleksi yang sangat besar dan data ilmiah. Dia telah menerbitkan lebih dari selusin makalah akademik, termasuk Ekstrak Pola dan Hubungan dari World Wide Web; Dynamic Data Mining: A New Arsitektur untuk Data dengan dimensi Tinggi, yang diterbitkannya bersama Larry Page,diantaranya ; Scalable Techniques for Mining Casual Structures; Dynamic Itemset Counting and Implication Rules for Market Basket Data; and Beyond Market Baskets: Generalizing Association Rules to Correlations.

Sergey telah menjadi pembicara pada beberapa akademis internasional, bisnis dan forum teknologi, termasuk World Economic Forum dan Teknologi, Hiburan dan Desain Konferensi. Dia telah berbagi pandangannya tentang industri teknologi dan masa depan pencarian pada Charlie Rose Show, CNBC, dan CNNfn. Pada tahun 2004, dia dan Larry Page diberi nama "Persons of the Week" oleh ABC World News Tonight.

Sumber: http://tips.tr1cks.com/content/siapakah-pendiri-google-dan-berapa-karyawannya.html
[[..selengkapnya..]]

LEBIH dari 10 tahun silam, google sebagai mesin pencari merupakan ide penelitian Sergey Brin dan Larry Page untuk mendapatkan gelar PhD.

Namun kini setelah lebih dari satu dasawarsa, Google menjelma jadi mesin pencari uang dan membuat dua sahabat itu mendapat gelar sebagai orang terkaya di dunia yang berusia muda. Kaya raya, muda, dan dari hasil jerih payah sendiri. Beragam predikat itu tersemat kepada Sergey Brin (36), dan Larry Page (37), yang telah berhasil masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia versi majalah Forbes selama beberapa tahun berturut-turut. Dalam pemeringkatan tahun 2010, dua pendiri Google tersebut berada di urutan ke-24 dengan kekayaan bersih masing-masing USD17,5 miliar atau setara dengan Rp159,68 triliun. Sementara tahun sebelumnya, dua sahabat ini berada di urutan ke-26 dengan nilai kekayaan bersih masing-masing sebesar USD12 miliar atau setara dengan Rp109,5 triliun.

Sementara Google Inc sebagai perusahaan mencatat pendapatan kotor sebesar USD23,651 miliar pada 2009 atau setara dengan Rp215,81 triliun. Pendapatan operasi Google pada 2009 sebesar USD8,312 miliar atau Rp75,84 triliun dengan keuntungan mencapai USD6,52 miliar atau Rp59,4 triliun. Angka ini naik dibandingkan tahun 2008 dengan pendapatan mencapai USD21,8 miliar dan profit USD4,23 miliar. Total aset yang dimiliki Google Inc pada 2009 sebesar USD40,49 miliar dan total equity USD36 miliar. Google telah mempekerjakan sebanyak 19.835 karyawan pada 2009 yang tersebar di seluruh dunia dengan anak perusahaan YouTube LLC, Double-Click, GrandCentral, dan Picnik. Bahkan pendapatan dan keuntungan Google telah melampaui Ebay, Amazon maupun Yahoo!.

Tahun lalu, Ebay mencatatkan keuntungan sebesar USD2,3 miliar dari pendapatan USD8,7 miliar. Adapun pada 2008, Ebay mencatat keuntungan sebesar USD1,78 miliar dari total pendapatan USD8,54 miliar atau terjadi peningkatan 34%. Tahun ini, Ebay memperkirakan pendapatan total USD8,8 miliar sampai USD9,1 miliar. Adapun Amazon pada 2009 mencatatkan pendapatan USD24,5 miliar dengan pendapatan bersih sebesar USD902 juta. Profit bersih Amazonini meningkat hampir 40% dibandingkan 2008 yang hanya mencatatkan keuntungan USD645 juta dari pendapatan USD19,17 miliar. Amazon telah mempekerjakan sekira 20 ribu karyawan.

Terakhir pendapatan Yahoo! pada 2009 sebesar USD6,4 miliar, sedikit turun dari pendapatan 2008 yang sebesar USD7,21 miliar. Namun profit 2009 meningkat menjadi USD598 juta dari yang sebelumnya hanya USD419 juta. Yahoo! didukung dengan sekira 14 ribu karyawan. Menurut Forbes, keuntungan Google yang sebesar USD5,5 miliar diperoleh hanya dalam waktu 12 bulan dengan market share naik hingga 70% pada tahun lalu. Bahkan aplikasi Google sudah diterapkan dalam ponsel pintar (smartphone) sehingga semakin meningkatkan market share Google sejak November 2008.

Dengan kinerja demikian, wajar jika situs mesin pencari Google telah menjelma sebagai situs mesin pencari uang bagi pendirinya. Bagi Brin, bapak satu anak yang tinggal di Polo Alto California ini Google menjadi sumber pendapatan utama. Tidak berbeda dengan Page. Menurut catatan Forbes sumber penghasilan utama pria yang tinggal di San Francisco California ini adalah dari Google. Saat ini selain sebagai pendiri, Page menjabat sebagai Presiden Pengembangan Produk Google Inc. Sementara Brin menjabat sebagai Presiden Bidang Teknologi Google Inc.

Pertemuan Dua Sahabat

Kisah perjalanan hidup Brin dan Page agak unik. Sulit membayangkan dua mahasiswa program doktoral yang tidak menyelesaikan kuliahnya kini menjelma sebagai orang yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Brin yang lahir di Moskow, 21 Agustus 1973, memiliki nama lengkap Sergey Mikhailovich Brin. Sebelum mendirikan Google dengan sahabatnya Page, Brin memang sudah mempelajari ilmu komputer dan matematika. Brin melanjutkan pendidikan ilmu komputernya di Stanford University melalui beasiswa dari National Science Foundation. Dia menerima gelar masternya pada Agustus 1995.

Selain itu, Brin memiliki gelar MBA dari IE Business School. Disebut-sebut, Page dan Brin awalnya tidak saling menyukai ketika mereka pertama kali bertemu di Pascasarjana Ilmu Komputer Standford University pada 1995. Kendati begitu, karena ketertarikan pada bidang yang sama, akhirnya keduanya menjadi sahabat. Bersama-sama mereka mencari dan menemukan informasi yang relevan dari sekumpulan data yang besar. Mereka pun kemudian menulis sebuah karya penelitian berjudul ”The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine” yang dianggap sebagai bibit bagi karier mereka dalam mendirikan Google.

Sementara itu Page, pria yang lahir 26 Maret 1973, memiliki nama lengkap Lawrence Edward Page. Suami dari Lucinda Southworth ini adalah seorang lulusan dari East Lansing High School. Page memperoleh gelar bachelor of science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan. Dia juga lulusan master dari Universitas Standford. Setelah bertemu dengan Brin di Program PhD Ilmu Komputer Universitas Stanford, mereka menjalankan bisnis situs mesin pencari Google yang mulai beroperasi pada 1998.

Googol Jadi Google

Menilik sejarah berdirinya Google, awalnya memiliki nama Googol. Sebuah terminologi matematika yang memiliki arti satu diikuti oleh 100 angka nol. Page dan Brin menggunakan nama ini karena memiliki misi ingin mengorganisasi informasi di seluruh dunia dan membuatnya menjadi mudah di akses dan berguna secara universal. Sebagai perusahaan Google Inc didirikan pada 7 September 1998 di ruang garasi rumah teman Brin dan Page di Menlo Park, California.

Pada Februari 1999, perusahaan tersebut pindah ke kantor di 165 University Ave, Palo Alto, California sebelum akhirnya pindah ke ”Googleplex”, Mountain View, California pada akhir tahun yang sama. Google berawal dari proyek penelitian Page dan Brin pada awal 1996 yang mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.

Page dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan pada 7 September 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California. Saat ini Google merupakan sebuah perusahaan berpredikat nomor satu dalam top 100 perusahaan yang paling diminati di Amerika dengan jumlah pegawai hampir 20.000 orang.


Sumber: http://nikitapunya.blogspot.com/2010/04/inilah-wajah-pemilik-google-dan.html
[[..selengkapnya..]]


Kedua raksasa di ranah maya tersebut memiliki dua alasan yang berbeda berkaitan dengan pengembangan social media: Yahoo telah memutuskan untuk tidak membuat social network sendiri namun berkongkalikong dengan Facebook dan Twitter. Sementara sebaliknya Google-tidak hanya membeli YouTube, namun juga berusaha menggerogoti kue social media lewat produknya, Buzz. Partnership vs in-house development, konten vs teknologi, Yahoo vs Google, lalu raksasa mana yang memiliki strategi sosial yang baik?

Strategi Yahoo: Bekerjasama Untuk Mendongkrak Traffic
Di tahun 2006, Yahoo berusaha menebus Facebook dengan memberi tawaran lebih dari $1 Milyar. Tawaran tersebut mentah karena secara mengejutkan reputasi jawara social media tersebut perlahan mulai naik. Bahkan, popularitas Yahoo sendiri terus menurun dan nyaris diakuisisi oleh Microsoft dengan tawaran mencapai $40 Milyar di tahun 2008. Namun sekarang di bawah kepemimpinan Carol Bartz, Yahoo berusaha membalikkan keadaan. Portal internet ini mencoba untuk menjadi social media sebagai pengembangan strateginya. Namun bukan fokus pada pengakuisisian Twitter untuk menjadi salah satu bagian dari Yahoo, tapi lewat cara bekerjasama dengan berbagai social media besar seperti Facebook dan Twitter.

Pada September 2009, Yahoo mengumumkan bahwa mereka akan mengintegrasikan Facebook Connect di semua properti yang dimilikinya. Tujuannya tentu menjadikan Yahoo buka saja sebagai portal penghasil berita, email dan finance. Tapi juga bisa menjadi social graph dan digunakan untuk melihat status update. Di sisi lain, Yahoo juga akan mendapat keuntungan dari lonjakan traffic yang terjadi setelah berbagi artikel dan konten di Facebook News Feed. Strategi tersebut terus berlanjut. Dua minggu lalu Yahoo bekerjasama dengan Twitter dan memungkinkan penggunanya mengakses Twitter feed lewat Yahoo, mengupdate status dan mengintegrasikan konten Twitter dengan semua properti Yahoo.

Strategi Google: Mendominasi
Taktik yang diterapkan oleh Google sangat bertolak belakang dengan yang dilakukan oleh pesaing terberatnya. Sama seperti Yahoo, Google juga tidak pernah membukukan catatan bagus di dunia social media. Google Friend Connect tertinggal sangat jauh dibandingkan Facebook Connect, Orkut sekarang tidak pernah terdengar lagi, Blogger sekalipun tidak bisa bersaing dengan WordPress bahkan sampai Jaiku dan Dodgeball belakangan seperti hilang ditelan bumi. Google baru bisa berbicara di social media setelah mereka membeli YouTube seharga $1.65 milyar. Dan hingga saat ini, raksasa yang kelahirannya dibidani oleh Larry Page dan Sergey Brin tersebut sudah memiliki beberapa social media. Sebut saja Blogger, YouTube, Picasa, Orkut, Google Knol hingga Friend Connect.

Belum puas dengan dominasinya, Google terus merangsek masuk ke dunia social media lewat produknya, Google Buzz. Dengan hadirnya produk yang menjadi sebuah social media sejati ini, strategi Google mulai berada di pattern yang benar. Jika Google bisa menjalankan social media yang diadopsi lewat Gmail ini dengan baik dan melansir social media tool versi standalone, bukan tidak mungkin raksasa mesin pencari ini bisa menikmati kue social media yang lebih banyak. Apalagi setelah dikoneksikan atau terintegrasi dengan produk lainnya semisal YouTube, Picasa, Orkut dan yang lainnya. Strategi yang dilakukan Google memang lebih beresiko dibandingkan taktik milik Yahoo, namun hasilnya tentu akan sangat jauh lebih dahsyat.

Strategi Siapa Yang Paling Tepat?
Pertanyaan tersebut pasti langsung berkecamuk di benak Anda. Tujuan akhir dari artikel ini bukanlah menentukan siapa yang benar dan siapa yang salah. Namun bisa dijadikan pedoman untuk menentukan rencana jangka panjang dan social strategy yang akan Anda buat untuk perusahaan. Secara kasar, banyak pengamat yang mengatakan bahwa Yahoo memiliki konten yang lebih baik ketimbang Google. Misalnya Yahoo Finance yang dianggap lebih baik dibanding milik Google. Mereka juga memiliki variasi konten yang terbilang lengkap dibanding pesaingnya.

Namun Google memiliki alasan tersendiri kenapa mereka tidak melakukan hal serupa dengan yang dijalani oleh kompetitornya. Mereka tidak menulis beritanya sendiri dengan alasan yang sederhana: itu bukan fokus mereka dan belum tentu Google bisa mengerjakannya dengan baik mengingat mesin pencari raksasa ini belum memiliki pengalaman di bidang itu. Di sisi lain, kehandalan teknologi Google yang terbilang cukup canggih membuat Yahoo tertinggal cukup jauh. Google mampu membuat produk teknis yang baik semisal Search, Gmail, Buzz, Android hingga Chrome. Semua hal di atas bukanlah bidangnya Yahoo.

Jadi kesimpulan akhirnya adalah, tidak ada pihak yang menerapkan strategi yang salah. Lantaran Yahoo dan Google memiliki taktik sosial masing-masing. Berdasarkan kekuatan dan pengalaman tiap raksasa tersebut, sepertinya Yahoo dan Google sudah mengimplementasikan strategi dan berjalan dalam pattern yang benar.


Sumber: http://peoplemeetme.com/adu-strategi-sosial-google-vs-yahoo.html
[[..selengkapnya..]]


SAN FRANSISCO - Data dalam laporan Google mengindikasikan jika Facebook telah menjadi raja di dunia maya dikarenakan jumlah pengunjungnya yang cukup besar.

"Facebook telah dikunjungi oleh sekira 540 juta orang setiap bulannya, atau lebih 35 persen dari total populasi internet di dunia," laporan Google Ad Planner yang dikumpulkan melalui Double Click, seperti dikutip melalui AFP, Senin (31/5/2010).

Menurut data tersebut, hampir 570 miliar halaman telah dikunjungi setiap bulannya di situs jejaring sosial tersebut, atau delapan kali lebih banyak ketimbang halaman yang dikunjungi pengguna internet di Yahoo, yang selama ini hanya menarik sekira 490 juta pengunjung.

Kesuksesaan Facebook menghipnotis pengguna internet di seluruh dunia pun terbukti dengan sedikitnya orang yang mendaftar di gerakan 'berhenti menggunakan Facebook' pada tanggal 31 Mei ini. Dalam akun tersebut, hanya sekira 23,515 orang yang berkomitmen untuk mengikuti seruan tersebut. Jumlah itu hanya merepresentasikan sekira ,006 persen dari total pengguna Facebook yang berjumlah 400 juta.

Ini merupakan bukti jika Facebook benar-benar telah merasuk ke dalam aktivitas keseharian pengguna internet. Tidak hanya pengguna internet biasa tapi juga selebriti, tokoh politik dan lainnya yang cukup bergantung pada Facebook.

Bahkan meski kecaman bertubi-tubi datang untuk 'menjatuhkan' Facebook, terutama permasalahan pengaturan privasi, hal ini tetap membuat anggota Facebook tidak beranjak.


Sumber: http://tongberisi.blogspot.com/2010/05/google-nobatkan-facebook-sebagai-raja.html
[[..selengkapnya..]]


Buat para pengguna internet hadirnya Modem terbaru AHA With google chrome , kehadiran layanan internet broadband yang diberi nama AHA dari Bakrie Connectivity, anak perusahaan Bakrie Telecom, Kamis (24/6/2010) mungkin tergolong unik. Pasalnya modem untuk mengakses layanan internet yang disediakan perusahaan tersebut telah dilengkapi browser internet sehingga bisa langsung berselancar begitu dicolok.

AHA adalah layanan akses Internet berkecepatan tinggi berbasis jaringan CDMA (Code Division Multiple Access) 1X-EVDO (Evolution Data Optimize) Rev A. Layanan ini menawarkan akses internet nirkabel dengan kecepatan download hingga 3,1 Mbps dan upload hingga 1,8 Mbps.

Tidak hanya akses internet cepat, Bakrie Connectivity juga menawarkan pengalaman internet yang berbeda melalui layanan nilai tambah, aplikasi dan konten menarik. User interface modem AHA praktis karena sudah built in secara langsung aplikasi Google Chrome, Google search bar, Live online news ticker dan Picasa akan sangat memudahkan para pengguna dalam melakukan aktifitas internet begitu mereka terhubung dengan jaringan internet .

"Kami memiliki visi bahwa komunikasi dapat berperan dalam meningkatkan kualitas hidup. AHA merupakan salah satu perwujudan visi tersebut. Kami menyediakan akses internet yang mudah, menarik dan terjangkau bagi masyarakat luas," kata Erik Meijer, Direktur Utama Bakrie Connectivity saat peluncuran di Jakarta, Kamis (24/6/2010).

Modem perdana yang dirilis adalah jenis USB Modem Olive tipe VME-110. Perangkat ini telah dilengkapi browser Google Chrome berkat kerja sama Bakrie Connectivity dengan Google sebagai mitranya.

Website AHA juga interaktif dan terintegrasi sehingga para pengguna mendapatkan kemudahan layanan cepat mulai dari mengubah mekanisme langganan dari volume based atau time based maupun sebaliknya, pemilihan berbagai paket unlimited, proses isi ulang pulsa, cek saldo, pergantian paket dari post paid atau pre paid maupun sebaliknya, tidak perlu repot harus mendatangi gerai atau service center lagi karena semua dapat dilakukan sendiri melalui website AHA.

Layanan AHA mulai dikenakan tarif dari Rp150/menit atau Rp 0.5/KB. Pengguna dapat memilih paket sesuai batas kecepatan maksimum dari harga Rp 4.000 per hari atau 80.000 per bulan untuk kecepatan sampai 200 Kbps hingga Rp 10.000 per hari atau Rp 200.000 perbulan untuk kecepatan sampai 3,1 Mbps.


Sumber: kompas.com
[[..selengkapnya..]]


Hampir semua layanan internet operator saat ini, meski maksimal cuma sampai 384 Kbps, sudah diklaim sebagai jaringan broadband. Namun definisi itu ingin dimentahkan First Media. Karena menurutnya, definisi broadband yang sesungguhnya adalah jaminan akses minimal 1 Mbps.

"Menurut kami broadband yang the real true broadband itu paling minim 1 Mbps. Itu sudah standardisasi internasional di era konten internet berbasis video saat ini," kata Dedy Handoko, Product Development and Marketing First Media, di sela peluncuran program "Double Your Speed with Fastnet" di Bunga Rampai, Jakarta, Kamis (10/6/2010).

Konten berbasis video, seperti di YouTube misalnya, dinilai Dedy sebagai tolok ukur kebiasaan pengguna internet saat ini. Untuk memudahkan pengguna menikmati video saat mengakses situs itu secara live streaming, bandwidth yang dibutuhkan jelas tidak kecil.

"Pengguna sekarang tidak hanya buka email saja, tapi juga buka jejaring sosial dan situs berbagi video. Di situ, bandwidth need makin besar. Itu sebabnya kami meningkatkan semua bandwidth pelanggan kami jadi dua kali lipat. Hampir semua pelanggan kami saat ini bandwidth-nya sudah diupgrade jadi minimal 1 Mbps tanpa tambahan biaya," kata Dedy.

Menurut Dedy, pengguna internet di Indonesia yang saat ini berjumlah 45 juta, seharusnya bisa tumbuh lebih cepat lagi jika pengguna menemukan pengalaman (user experience) yang lebih baik ketika bisa mengakses lebih cepat dengan biaya yang tetap terjangkau.


Sumber: http://dukomputer.blogspot.com/2010/06/1-mbps-ga-ada-di-indonesia.html
[[..selengkapnya..]]

Mungkin tidak ada monster legendaris yang lebih mengerikan dibandingkan dengan Kraken, penguasa lautan yang membuat para pelaut bergidik ketakutan. Apa yang menarik dari legenda Kraken adalah adanya kemungkinan kalau legenda ini mungkin memang berdasarkan pada sesuatu yang nyata.

Kraken adalah seekor monster yang digambarkan sebagai makhluk raksasa yang berdiam di lautan wilayah Islandia dan Norwegia. Makhluk ini disebut sering menyerang kapal yang lewat dengan cara menggulungnya dengan tentakel raksasanya dan menariknya ke bawah. Kata Kraken sendiri berasal dari Kata "Krake" dari bahasa Skandinavia yang artinya merujuk kepada hewan yang tidak sehat atau sesuatu yang aneh. Kata ini masih digunakan di dalam bahasa jerman modern untuk merujuk kepada Gurita.

Begitu populernya makhluk ini sampai-sampai ia sering disinggung di dalam film-film populer seperti Pirates of the Caribbean atau Clash of The Titans. Jika ada makhluk raksasa penguasa lautan, maka Krakenlah namanya.

Karakter Kraken
Kita mungkin mengira Kraken hanyalah sebuah bagian dari dongeng, namun sebenarnya tidak demikian. Sebutan Kraken pertama kali muncul dalam buku Systema Naturae yang ditulis Carolus Linnaeus pada tahun 1735.

Mr. Linnaeus adalah orang yang pertama kali mengklasifikasi makhluk hidup ke dalam golongan-golongannya. Dalam bukunya itu, ia mengklasifikasikan Kraken ke dalam golongan Chepalopoda dengan nama latin Microcosmus. Jadi, boleh dibilang kalau Kraken memiliki tempat di dalam sains modern.

Erik Ludvigsen Pontopiddan, Uskup Bergen yang juga seorang naturalis, pernah menulis di dalam bukunya Natural History of Norway yang terbit tahun 1752 kalau Kraken "tidak bisa disangkal, adalah monster laut terbesar yang pernah dikenal".

Menurut Pontopiddan, Kraken memiliki ukuran sebesar sebuah pulau yang terapung dan memiliki tentakel seperti bintang laut. Ia juga menyebutkan kalau makhluk ini bisa menggulung kapal yang lewat dengan tentakelnya dan menariknya ke dasar lautan. Namun, menurut Pontopiddan, bahaya terutama dari Kraken adalah riak air yang dashyat ketika ia menyelam ke dalam laut. Riak itu bisa menenggelamkan kapal yang ada di dekatnya.

Menariknya, selain menggambarkan Kraken sebagai makhluk yang berbahaya, Pontopiddan juga menulis mengenai sisi lain dari makhluk misterius ini. Ia menyebutkan kalau ikan-ikan di laut suka berada di dekat Kraken. Karena itu juga, para nelayan Norwegia yang mengetahui hal ini suka mengambil risiko untuk menangkap ikan dengan membawa kapalnya hingga berada tepat di atas Kraken.

Jika mereka pulang dengan membawa hasil tangkapan yang banyak, para penduduk desa tahu kalau para nelayan tersebut pastilah telah menangkap ikan tepat di atas Kraken.

Sejak lama, makhluk ini hanya dianggap sebagai bagian dari Mitologi kuno yang setara dengan sebuah dongeng. Namun ketika sisa-sisa bangkai monster ini terdampar di pantai Albaek, Denmark, Pada tahun 1853, para ilmuwan mulai menyadari kalau legenda mengenai Kraken mungkin memang berdasarkan pada sesuatu yang nyata, yaitu cumi-cumi raksasa (Giant Squid), cumi-cumi kolosal (Colossal Squid) atau Gurita raksasa (Giant Octopus).

Seberapa besarkan seekor cumi atau gurita bisa bertumbuh?

Benarkan mereka bisa menyerang sebuah kapal besar seperti yang digambarkan di film-film?

Penampakan Signifikan
Pada tahun 1801, Pierre Denys de Montfort yang menyelidiki subjek mengenai Kraken menemukan kalau di Kapel St.Thomas di St.Malo, Brittany, Perancis, ada sebuah lukisan yang menggambarkan seekor gurita raksasa sedang menyerang sebuah kapal dengan cara menggulungnya dengan tentakelnya. Insiden yang tergambar dalam lukisan tersebut ternyata berdasarkan pada peristiwa nyata.

Dikisahkan kalau kapal tersebut adalah kapal Norwegia yang sedang berada di lepas pantai Angola. Ketika mendapatkan serangan tak terduga tersebut, para pelaut di atas kapal lalu membuat sebuah kaul untuk St.Thomas yaitu jika mereka dapat terlepas dari bahaya ini, mereka akan melakukan perjalanan ziarah.

Para awak kapal kemudian mengambil kapak dan mulai melawan monster itu dengan memotong tentakel-tentakelnya. Monster itupun pergi. Sebagai pemenuhan atas kaul itu, para awak kemudian mengunjungi Kapel St.Thomas di Britanny dan menggantung lukisan itu sebagai ilustrasi atas peristiwa yang menimpa mereka.

Sayangnya, peristiwa yang menimpa para pelaut itu tidak diketahui persis tahun terjadinya. Namun, paling tidak, penyerangan monster raksasa terhadap sebuah kapal tidak bisa dibilang sebagai mitos semata.

Selain kisah lukisan di Kapel St.Thomas, Mr.Monfort juga menceritakan perjumpaan lain dengan makhluk serupa cumi atau gurita raksasa yang dialami oleh kapten Jean-Magnus Dens dari Denmark yang bertemu dengan makhluk itu juga di lepas pantai Angola. Makhluk raksasa itu menyerang kapal mereka dan bahkan berhasil membunuh tiga awaknya.

Para awak kapal yang lain tidak tinggal diam dan segera mengambil meriam dan menembakkannya ke monster itu berulang-ulang hingga ia menghilang ke dalam lautan.

Kapten Dens memperkirakan monster itu memiliki panjang 11 meter.

Kisah lain terjadi pada tanggal 30 November 1861. Ketika sedang berlayar di kepulauan Canary, para awak kapal Perancis, Alencton, menyaksikan seekor monster laut raksasa berenang tidak jauh dari kapal. Para pelaut segera menyiapkan peluru dan mortir yang kemudian ditembakkannya ke arah monster itu.

Monster yang ketakutan dengan segera berenang menjauh. Namun, kapal Alencton segera diarahkan untuk mengejarnya. Ketika mereka berhasil mendekatinya, garpu-garpu besi segera dihujamkan ke tubuh monster itu dan jaring segera dilemparkan. Ketika para awak mengangkat jaring itu, tubuh monster itu patah dan hancur yang kemudian segera jatuh ke dalam air dengan menyisakan hanya sebagian dari tentakelnya.

Ketika kapal itu mendarat dan tentakel itu diperlihatkan kepada komunitas ilmuwan, mereka sepakat kalau para awak kapal mungkin telah menyaksikan seekor cumi raksasa dengan panjang sekitar 8 meter.

Pada bulan Oktober 1873, seorang nelayan bernama Theophile Piccot dan anaknya berhasil menemukan tentakel cumi raksasa di Newfoundland. Setelah diukur, para peneliti menyimpulkan kalau hewan itu kemungkinan memiliki panjang hingga 11 meter.

Pada tahun 1924, Frank T.Bullen menerbitkan sebuah buku yang berjudul The Cruise of the Chacalot. Dalam buku ini, Bullen menceritakan sebuah kisah luar biasa yang disebut terjadi pada tahun 1875. Kisah ini membuat Kraken mendapatkan musuh abadinya, yaitu Paus Penyembur (Sperm Whale).

Menurut Bullen, pada tahun 1875 ia sedang berada di sebuah kapal yang sedang berlayar di selat Malaka. Ketika malam bulan purnama, ia melihat ada sebuah riakan besar di air.

"Ada gerakan besar di dalam laut saat purnama. Aku meraih teropong malam yang selalu siap di gantungannya. Aku melihat seekor paus penyembur besar sedang terlibat perang hebat dengan seekor cumi-cumi yang memiliki tubuh hampir sebesar paus itu. Kepala paus itu terlihat lincah seperti tangan saja layaknya. Paus itu terlihat sedang menggigit tentakel cumi itu dengan sistematis. Di samping kepalanya yang hitam, juga terlihat kepala cumi yang besar. Mengerikan, aku tidak pernah membayangkan ada cumi dengan kepala sebesar itu."

Mendengar kesaksian Bullen, kita mungkin tergoda untuk mengatakan kalau ia membesar-besarkan atau mungkin mengarangnya saja. Namun, pada Oktober 2009, komunitas ilmuwan menyadari kalau kisah yang diceritakan Bullen mungkin memang bukan sekedar cerita fiksi. Cumi raksasa memang bermusuhan dengan Paus Penyembur.

Di wilayah perairan di pulau Bonin di Jepang, para peneliti kelautan berhasil mendapatkan foto-foto langka yang memperlihatkan seekor paus penyembur sedang menyantap seekor cumi raksasa yang diperkirakan memiliki panjang 9 meter.

Giant Squid, Colossal Squid dan Giant Octopus
Sekarang, mari kita sedikit mengenal lebih jauh tiga teman raksasa kita yang mungkin telah memicu legenda Kraken. Saya akan mulai dari Giant Squid atau Cumi raksasa.

Giant Squid atau Cumi-cumi raksasa
Giant Squid atau cumi-cumi raksasa yang berasal dari genus Architeuthis ini memiliki 8 spesies dan diketahui bisa memiliki panjang hingga 13 meter bagi yang betina dan 10 meter untuk yang jantan. Ukuran ini dihitung dari sirip caudal hingga ujung tentakelnya. Namun, ukuran cumi ini bisa jadi lebih besar daripada yang diperkirakan.

Pada tahun 1880, potongan tentakel ditemukan di Selandia Baru dan diperkirakan merupakan milik dari cumi raksasa yang memiliki panjang 18 meter. Ukuran yang sangat luar biasa!


Ide kalau seekor cumi raksasa bisa menenggelamkan sebuah kapal mungkin terdengar mengada-ngada pada zaman ini. Namun, pada abad pertengahan, ukuran kapal tidak sebesar yang kita miliki sekarang. Contohnya, kapal Columbus yang bernama Pinta hanya memiliki panjang 18 meter. Sebuah cumi sepanjang 10-15 meter sudah bisa dipastikan dapat menyerang dan menenggelamkan kapal ini dengan mudah.


Perilaku giant Squid ini hampir tidak pernah dikenal sebelumnya hingga pada tahun 2004 ketika para ilmuwan Jepang berhasil mendapatkan 556 foto makhluk ini dalam keadaan hidup. Cumi-cumi tersebut terperangkap dalam sebuah jebakan yang dibuat. Ketika ia berhasil lolos, salah satu tentakelnya yang memiliki panjang 5,5 meter putus. Dari panjang ini, para ilmuwan tersebut memperkirakan kalau makhluk itu memiliki panjang 8 meter.

Colossal Squid atau Cumi Kolosal
Apabila kita mengira Cumi raksasa sudah memiliki ukuran yang luar biasa, maka, perkenalkan makhluk yang satu ini, Colossal Squid atau Cumi kolosal.

Makhluk ini memiliki nama latin Mesonychoteuthis hamiltoni dan para ilmuwan percaya kalau makhluk ini bisa bertumbuh hingga paling tidak memiliki panjang 14 meter. Ini membuatnya menjadi hewan invertebrata terpanjang di dunia. Walaupun demikian, para ilmuwan tidak bisa memastikan hingga seberapa panjang hewan ini bisa bertumbuh.

Mengenai Colossal Squid, Dr.Steve O'Shea, ahli cumi dari Auckland University berkata:

"Sekarang kita tahu kalau makhluk ini memiliki ukuran yang lebih besar dibanding Giant Squid. Giant Squid bukan lagi cumi terbesar di luar sana. Sekarang kita memiliki sesuatu yang lebih besar. Bahkan bukan cuma sekedar besar, tetapi benar-benar jauh lebih besar."

Colossal Squid di foto di atas ditangkap di Laut Ross dan memiliki panjang mantel 2,5 meter. Ukuran ini termasuk luar biasa karena Giant Squid terbesar yang diketahui hanya memiliki panjang mantel 2,25 meter. Lagipula, Colossal Squid di atas dipercaya masih dapat bertambah panjang hingga mencapai ukuran yang jauh lebih besar.

Jika ada Kraken di luar sana, maka bisa dipastikan kalau Colossal Squid adalah tersangka paling utamanya.

Lalu, apa bedanya Giant Squid dan Colossal Squid?

Giant Squid hanya memiliki tentakel yang memiliki lubang penghisap dan gigi-gigi kecil, sedangkan Colossal Squid memiliki tentakel yang juga dilengkapi dengan kait yang tajam. Beberapa kait bahkan memiliki 3 ujung.

Selain dua jenis Cumi-cumi di atas, makhluk yang satu ini juga memiliki tentakel dan bisa bertumbuh dalam ukuran yang luar biasa, yaitu Giant Octopus.

Giant Octopus atau Gurita Raksasa
Giant Octopus atau gurita raksasa bisa bertumbuh hingga memiliki panjang 9 meter. Panjang ini cukup membuatnya menjadi monster yang ditakuti oleh para pelaut. Makhluk inilah yang dipercaya Monfort sebagai monster yang menyerang para pelaut Norwegia di lepas pantai Angola yang lukisannya tergantung di Kapel St.Thomas.

Bangkai ini terdampar di pantai St.Augustine, Florida tahun 1896. Dipercaya sebagai Giant Octopus

Pada masa kini, teori mengenai Cumi atau Gurita raksasa dianggap sebagai penjelasan yang paling masuk akal mengenai legenda Kraken.

Jika kita beranggapan kalau legenda Eropa yang mengatakan kalau Kraken memiliki ukuran sebesar sebuah pulau sebagai "membesar-besarkan", maka mungkin misteri Kraken memang sudah terpecahkan.

Tetapi, bagaimana kita bisa memastikannya?


Sumber: http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/06/legenda-kraken-sang-penguasa-lautan.html
[[..selengkapnya..]]

Inilah data dan fakta menarik jelang laga semi-final antara Uruguay dan Belanda.

- Kedua tim sempat bertemu dua kali, di mana hasilnya sama-sama kuat. Masing-masing dari mereka menang satu kali dan mencetak dua gol dalam proses kemenangan mereka.

- Secara statistik, Uruguay sudah sepuluh kali tampil di Piala Dunia dan meraih gelar juara dua kali. Sementara Belanda, dalam delapan kesempatan tampil di putaran final hanya bisa dua kali menjadi runner up.

- Generasi Forlan kembali muncul di laga ini. Sebelumnya, di tahun 1974, Pablo Forlan, yang merupakan ayah dari Diego Forlan, ambil bagian dalam duel melawan Belanda di mana Uruguay kalah 2-0. Tahun ini, giliran Diego Forlan yang unjuk gigi.

- Diego Forlan menjadi topskor sementara untuk Uruguay dengan empat gol. Uniknya, empat gol miliknya semuanya diciptakan ke gawang tim asal Afrika.

- Belanda adalah satu-satunya tim di turnamen Piala Dunia 2010 yang memenangi semua pertandingan mereka.
[[..selengkapnya..]]


Temuan arkeologi di Malaysia menemukan sebuah peradaban baru. Menurut profesor dari Universitas Oxford, Inggris, temuan ini bisa jadi mengubah sejarah Asia Tenggara. Sejarah, kata dia, harus ditulis ulang.

"Berdasarkan penemuan itu kita harus menulis ulang sejarah. Sebab, selama 2.000 tahun, sejarah mengklaim dominasi Indonesia -- dengan Kerajaan Sri Wijaya dan Majapahit, juga Thailand dan Vietnam. Tapi kini itu berubah," kata Profesor Stephen James Oppenheimer, seperti dimuat laman Bernama, Senin 5 Juli 2010.

Pernyataan tersebut disampaikan terkait temuan peradaban baru, Lembah Bujang oleh tim peneliti Universiti Sains Malaysia (USM).

USM menemukan sebuah situs industri peralatan besi di Lembah Bujang, yang diyakini dibangun di era Kedah Tua. Ini menunjukkan bahwa peradaban Malaysia lebih tua dari pada yang diperkirakan sebelumnya.

Tak hanya peradaban maju yang dilengkapi industri peralatan besi, ukuran peradaban Lembah Bujang juga jauh lebih besar, meliputi 1.000 kilometer persegi, atau tiga kali ukuran Pulau Penang, Malaysia.

Temuan ini menurut Oppenheimer tak hanya penting bagi Malaysia, tapi juga Asia Tenggara. Sebab, menunjukkan bukti adanya struktur monumental dan peradaban maju yang meliputi eksploitas bijih besi dari pegunungan lokal, juga peleburan besi.

Sementara, Dr Susan Jane Allen dari Institut Riset Arkeologi Internasional di Honolulu, Hawaii, mengaku sangat tertarik dengan temuan di Lembah Bujang, khususnya keberadaan bangunan prasejarah di Sungai Batu.

Allen, yang terlibat dalam penggalian beberapa situs sejarah -- situs 71, 72, dan 73 di Sungai Batu tiga dekade lalu, meyakini ada sesuatu yang tersembunyi di balik situs-situs itu.

"Aku tahu ada sesuatu di bawah gundukan itu, aku sangat ingin mengetahuinya. Pada saat itu, wilayah ini merupakan perkebunan karet, dan 71 adalah Situs gundukan sekitar 75cm di atas tanah," kata dia.

Terpisah, Direktur Pusat Penelitian Arkeologi USM, Dr Mokhtar Saidin mengatakan laporan ilmiah temuan Lembah Bujang akan dipublikasikan dalam jurnal internasional -- untuk mendapat pengakuan dari arkeolog internasional.


Sumber: http://id.news.yahoo.com/
[[..selengkapnya..]]

Lupakan Iker Casillas yang tampil heroik saat Spanyol mengalahkan Paraguay. Tinggalkan juga Manuel Neuer yang begitu hebat menahan gempuran pemain-pemain Argentina yang ditaklukkan Jerman 4-0. Kiper terbaik bukan mereka tapi Luis Suarez!

Ini bukan bercanda, juga bukan pendapat pribadi... Striker Uruguay itu dinominasikan sebagai kiper terbaik di Piala Dunia. Oleh siapa? Kiper Belanda, Maarten Stekelenburg.

Keduanya memang rekan satu tim di klub Ajax Amsterdam. Suarez tak bisa tampil saat Uruguay bertemu Belanda di babak semifinal, Rabu dini hari. Ia dijatuhi skorsing satu pertandingan setelah dengan sengaja menahan bola dengan tangan saat mengadapi Ghana di perempat final. Uruguay sendiri lolos dengan menang adu penalti.

Insiden ini masih menyisakan perdebatan. Sebagian menilai hukuman FIFA terlalu ringan, meski sebagian lagi menyebut skorsing 'sudah cukup' sebagai hukuman atas tindakan Suarez.

Stekelenburg bukannya ingin ikut berpolemik. Kepada De Telegraaf, Stekelenburg mengatakan ia mengirimkan pesan singkat alias SMS kepada rekannya itu:

"Saya mengirimkan SMS kepada dia. Saya katakan dia adalah kiper terbaik di turnamen ini. Saya pikir dia pantas mendapatkan trofi Lev Yashin Award (penghargan untuk kiper terbaik di Piala Dunia)."

Stekelenburg mengatakan ia gembira Suarez tak bisa bermain. Menurutnya, Suarez bisa membahayakan peluang Belanda untuk tampil di final pertama kalinya sejak 1978....


Sumber: http://id.sports.yahoo.com/
[[..selengkapnya..]]

Copyright 2010 Artikel dan Trik Menarik